Berbagi Ilmu, Pengalaman Pribadi dan Umum

Supaya Bayar Listrik Murah


Supaya Bayar Listrik Murah – Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa mulai 1 Januari 2017 PT PLN (Persero)  secara resmi memberlakukan kenaikan tarif listrik secara bertahap bagi rumah tangga golongan mampu yang menggunakan listrik dengan daya 900 VA. Dengan adanya kenaikan TDL tersebut masayarakat merasa keberatan apalagi untuk yang biasa membayar listrik mahal. Sebenarnya pembayaran listrik bisa saja lebih murah jika kita bisa menghemat pemakaian listrik tersebut. 

Untuk itu, saya akan memberikan Tips Supaya Bayar Listrik Murah. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menghemat listrik Anda.

  1. Jangan menggunakan barang-barang yang menggunakan listrik secara bersamaan. Misalnya menyetrika pakaian sambil nonton TV. Hal ini sudah menjadi kebiasaan ibu-ibu ketika menyetrika pakaian sambil nonton TV. Mereka tidak menyadari bahwa kebiasaan tersebut sebenarnya adalah pemborosan listrik. 
  2. Matikan lampu ketika sudah tidak digunakan lagi. Jelas sekali hal ini sangat penting dan harus dilakukan. Jika Anda mau tidur cobalah untuk mematikan lampu di ruangan yang sekiranya sudah tidak perlu lagi diterangi. Misalnya ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi. 
  3. Jangan tidur sambil nonton TV, banyak orang-orang yang sering saya lihat nonton TV sambil tiduran yang akhirnya ketiduran dan TV hidup tanpa ada orang yang menontonnya. Hal ini juga salah satu pemicu pembayaran listrik Anda mahal. Cobalah untuk tidak tidur di depan TV yang menyala. 
  4. Gunakan lampu yang menggunakan daya listrik rendah contohnya lampu LED, lampu LED adalah lampu yang sangat irit konsumsi listriknya karena menggunakan daya listriknya kecil. Harga lampunya juga terjangkau mulai dari Rp. 10.000 sampai Rp.200.000 ada.  
  5. Hemat Air, lho kok hemat air ? iya karena air ini menggunakan daya listrik/setrum. Jadi buat Anda yang menggunakan pompa air harus mengisi air pada penampungan sampai penuh, hal ini untuk mencegah pengisian air yang sering. 

Demikian tips supaya bayar listrik murah. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Komentar untuk "Supaya Bayar Listrik Murah"

Silahkan tinggalkan komentar Anda, Terima kasih

Back To Top