Berbagi Ilmu, Pengalaman Pribadi dan Umum

Rahasia Supaya Anak Balita Cepat Hafal Huruf dan Angka

Rahasia Supaya Anak Balita Cepat Hafal Huruf dan Angka

Rahasia Supaya Anak Balita Cepat Hafal Huruf dan Angka - Anda memiliki Anak Balita belum hafal huruf dan angka ? tenang jangan terlalu khawatir pasti bisa kok, yang penting kita tahu caranya. 
Sekarang saya akan memberikan tips supaya buah hati kita dapat mengenal abjad dan huruf dengan cepat. Berikut beberapa cara atau metode yang saya gunakan :

  1. Siapkan papan tulis/white board lengkap dengan spidol dan penghapusnya. Mulailah kita menulis huruf dan angka dengan menggunakan spidol. Kita jangan terlalu banyak menulisnya cukup dua atau tiga huruf/angka saja dulu. Kemudian kita menyebutkan huruf/abjad yang kita tulis tersebut sambil menunjuknya suruhlah si kecil untuk menyebutkannya juga. Ulangi hal tersebut beberapa kali sehingga si kecil mulai hafal. Langkah terakhir yaitu menguji si kecil, tanya si kecil huruf/angka yang berada di papan tulis sambil kita menunjuknya satu persatu. Lakukan terus sampai si kecil benar-benar hafal. Jangan lupa ajari si kecil untuk menulis huruf/abjad di papan tulis. Kalau dia mulai jenuh dan bosan hentikan dulu kegiatan belajarnya dan biarkan dia untuk bermain. 
  2. Jika anak Anda susah untuk diajari menggunakan papan tulis, bisa menggunakan buku. Belilah buku yang berisi angka/huruf. Di dalam buku tersebut anak akan diajari untuk menebalkan huruf/angka. Suruhlah anak Anda untuk menembalkan huruf/angka tapi jangan terlalu banyak, lakukan sedikit demi sedikit. 
  3. Jika anak Anda susah untuk belajar menggunakan papan tulis dan buku, saya memiliki alternatif lain yaitu gunakan game edukasi (game yang mendidik), Anda cukup mendownload game Android di Google Playstore, nanti Anda cari game edukasi yang dibutuhkan caranya ketik saja belajar huruf dan angka nanti pada kotak pencarian akan muncul game yang berhubungan dengan kata kunci tersebut, silahkan di pilih sesuai keinginan Anda kemudian pasang/instal. Bimbing anak Anda dalam menggunakan game edukasi tersebut. Biasanya di dalam game akan disuruh untuk menekan tombol angka/huruf dan setelah menekan tombol tersebut anak Anda akan mendengar huruf/angka yang ditekannya. Setelah dia bisa maka silahkan berikan latihannya, biasanya suka disuruh menebak huruf/angka. Saya yakin si kecil akan menyukai cara belajar seperti ini, karena sambil bermain. Anda juga dapat memperkenalkan warna pada si kecil dengan menginstal game edukasi tentang pengenalan warna. 
  4. Berikan tontonan video tentang belajar huruf/angka. Anda dapat mencari video yang berhubungan dengan pengenalan huruf/angka di Google. 


Dunia anak adalah dunia bermain, jadi kita sebagai orang tua tidak bisa mengajarkan kepada anak balita seperti kepada anak yang sudah SD. Mereka tidak akan suka jika diajarkan dengan cara yang membosankan. Semoga tips ini bermanfaat, terima kasih semuanya.

0 Komentar untuk "Rahasia Supaya Anak Balita Cepat Hafal Huruf dan Angka"

Silahkan tinggalkan komentar Anda, Terima kasih

Back To Top